Apa Arti Doorprize dan Perbedaannya dengan Grandprize?

Kerapkali digunakan dalam adanya pengumuman hadiah pada suatu event tertentu, doorprize memang menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Lantas apa sebenarnya arti dari ungkapan tersebut?

Arti Doorprize

Pasti kata ini seringkali digunakan baik di dunia nyata ketika acara jalan santai atau HUT kemerdekaan dan di sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook bahkan di aplikasi berbasis chat seperti WhatsApp, Line dan masih banyak lagi.

Doorprize sendiri memiliki arti karcis berhadiah.

Tak heran jika undian yang diadakan pada suatu acara akan menyebutkan beberapa digit nomor atau kode dari kartu pengunjung atau peserta sebelum berhasil mendapatkannya.

Doorprize memang dijadikan faktor pendukung untuk meramaikan suatu acara.

Oleh sebab itu, banyak pengunjung ataupun peserta dari event tertentu menjadikan hadiah tersebut sebagai alasan mengikuti kegiatan tertentu.

Apa Perbedaan Doorprize dengan Grandprize?

Selain doorprize, pasti Anda juga sering mendengar kata grandprize. Meskipun sama-sama dalam bentuk hadiah, namun kedua ungkapan ini memiliki perbedaan yang nyata. Agar tidak bingung lagi, simak penjelasannya:

1. Istilah Doorprize

Doorprize memiliki arti sebagai karcis berhadiah. Umumnya hadiah ini memang ditujukan selama undian dan pemenangnya masih dirahasiakan sebelum memiliki nomor atau kode yang sama.

Istilah door yang berarti pintu ini memiliki arti bahwa pemenang undian doorprize masih dirahasiakan atau berada di belakang “pintu”. Hal tersebut sangat membedakan dengan penggunaan istilah grandprize.

2. Istilah Grandprize

Grand prize dikenal sebagai hadiah utama atau undian yang paling ditunggu-tunggu dalam suatu acara besar. Biasanya pengundiannya dilakukan pada akhir event karena memang memiliki harga paling mahal atau terbesar diantara doorprize lainnya.

Istilah grandprize biasanya digunakan sebagai hadiah penutup yang diundi di akhir acara. Banyak pengunjung atau peserta undian mengharapkan mendapatkannya karena memang memiliki harga fantastis.

Baca juga: Hunting adalah

Contoh Acara yang Menyediakan Doorprize

Dikenal sebagai karcis berhadiah, doorprize memang dijadikan sebagai pendukung untuk meramaikan jalannya suatu event. Banyak acara yang menyediakannya seperti jalan sehat, karnaval, HUT RI dan masih banyak lagi. Ini lah beberapa contohnya:

1. Jalan Sehat

Acara jalan sehat menjadi salah satu event yang mengundang banyak peserta.

Untuk meramaikannya, tidak sedikit pihak pengelola menyediakan beberapa doorprize menarik bagi para pengunjung.

Biasanya karcis akan dibagikan saat start ataupun ketika sudah mencapai garis finish.

Undian dalam jalan sehat biasa diumumkan ketika peserta sudah mencapai garis finish.

Beberapa doorprize disiapkan guna meramaikan acara tersebut.

Tak heran jika banyak pengunjung merasa kecewa apabila tidak mendapatkannya.

2. Seminar

Seminar yang diadakan sebagai ajang penyampaian materi dari pembicara juga kerapkali menggunakan doorprize untuk meramaikan jalannya acara hingga selesai.

Biasanya undian seperti ini diadakan di tengah-tengah event agar peserta tidak merasa bosan.

Meskipun seminar merupakan acara yang formal, namun tidak menutup kemungkinan pihak pengelola menyusun susunan kegiatan agar tetap menyenangkan bagi para peserta maupun pembicara.

Namun pemilihan hadiahnya pun juga perlu diperhatikan agar tetap menarik minat audience.

3. Karnaval

Acara berikutnya yang sering menyediakan beberapa doorprize untuk meramaikan jalannya kegiatan adalah karnaval.

Biasanya peserta akan merasa lelah dengan adanya atribut maupun perlengkapan selama event ini.

Rasa lelah peserta tersebut akan dihibur oleh pihak pengelola dengan adanya undian doorprize ini sehingga bisa tetap ramai pengunjung hingga susunan kegiatan selesai.

Biasanya pengundian dilakukan melalui games sehingga karnaval tetap berjalan seru hingga akhir acara.

Itulah penjelasan mengenai arti kata doorprize dan perbedaannya dengan grandprize.

Anda bisa menggunakannya sebagai tambahan kosakata dalam bahasa asing sehingga tidak bingung lagi antara penggunaan keduanya.

Tinggalkan komentar