Arti Meet Up dan Pengertiannya Menurut Beberapa Ahli

Walaupun istilahnya sudah sangat populer di Indonesia, tetapi sejatinya banyak yang belum mengerti tentang arti meet up. Hal tersebut sering sekali disebut khususnya di kalangan para milenial. Nah, oleh karenanya, Anda harus betul-betul memahaminya agar paham ketika diajak berkomunikasi.

Mengenal Akar Kata Istilah Meet Up dan Artinya

Tentunya, Anda sudah sangat sering mendengar kata meet up, bukan? Ya, istilah tersebut memang sudah mendunia dan menjadi salah satu hal yang digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari oleh para generasi muda, orang-orang kota dan kumpulan modernisasi sosial lainnya.

Sebenarnya, istilah tersebut berasal dari bahasa Inggris yakni kata meet yang berarti bertemu dan serta up yang dalam konteks ini tidak memiliki makna tersendiri. Selanjutnya, keduanya digabungkan dan pada akhirnya melahirkan penyebutan atau term baru yaitu “meet up”.

Jika dianalisa lebih mendalam maka meet up tersebut termasuk ke dalam kata frasa kata kerja dan memiliki arti “bertemu” juga. Akan tetapi, pertemuan pada konteks istilah tersebut maksudnya adalah yang sudah direncanakan terlebih dahulu sebelum hari H tiba.

Baca juga: Apa Itu Hiatus ?

Pengertian Meeting Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui tentang sekilas arti istilah meet up yang telah dijelaskan itu, maka Anda juga perlu untuk memahami secara lebih mendalam mengenai pengertaian meeting yang dikemukakan oleh para ahli bahasa dari berbagai belahan dunia. Itu akan menambah ilmu serta wawasan agar tetap update.

  1. Pengertian Meeting Menurut Kesrul

Kesrul (2004) menjelaskan bahwasannya meeting merupakan semua jenis kegiatan yang melibatkan aktivitas kepariwisataan dan hal tersebut selalu melibatkan aktivitas leisure serta bussiness. Dalam hal ini, sifatnya adalah kumpulan kelompok bersama orang banyak.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan secara lebih mengerucut jika meeting adalah serangkaian acara yang selalu melibatkan orang banyak dan itu bisa bersifat formal maupun non-formal dengan bahasan utama menentukan tujuan suatu perkumpulan.

Nah, dalam meeting tersebut, Anda bersama kelompok tidak hanya berkumpul untuk sekedar temu kangen saja, melainkan ada sesuatu hal yang dibahas secara serius. Pada akhirnya, ini akan dihasilkan suatu keputusan dan wajib ditaati oleh para peserta yang ikut dalam aktivitas kumpulan itu.

  1. Pengertian Meeting Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia

Berdasarkan keterangan yang didapatkan dari laman Wikipedia Bahasa Indonesia, meeting diartikan sebagai pertemuan, rapat dan juga persidangan. Hal tersebut merupakan terjemahan dari kata aslinya saja dan belum dikaitkan dengan banyak konteks kegiatan dalam dunia nyata.

Adapun, jika meeting diartikan secara istilah, maka hal tersebut merupakan suatu pertemuan yang duilakukan oleh sekelompok orang dalam membahas suatu masalah tertentu dalam ranah organisasi, perserikatan, asosiasi dan perkumpulan-perkumpulan lainnya oleh berbagai individu.

Selanjutnya, dalam meeting selalu ada tujuannya yakni meliputi sebagai berikut:

  • Meeting akan menguatkan persaudaraan antara suatu anggota kelompok tertentu
  • Meeting akan meningkatkan profesionalitas kerja dalam suatu perusahaan atau lembaga
  • Meeting bertujuan untuk menyebarluaskan informasi dari individu kepada semua anggota kelompok
  • Meeting bertujuan untuk membantu atau berdiskusi bersama anggota kelompok lain dalam rangka memecahkan suatu masalah
  • Meeting bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan para anggota kelompok
  • Meeting bertujuan untuk mendorong terciptanya standarisasi kualitas dari sutau kelompok
  1. Pengertian Meeting Menurut Nunung dan Evi

Nunung dan Evi mengartikan meeting sebagai alat komunikasi yang digunakan oleh atasan dalam berinteraksi kepada bawahannya di suatu lembaga untuk membahas persoalan penting. Dalam hal ini,haltersebut disejajarkan dengan kata “rapat”.

Dari pengertian yang disampaikan oleh Nunung dan Evi tersebut, dapat disimpulkan bahwasannya meeting adalah suatu pertemuan formal atau resmi dengan melibatkan banyak pihak untuk memecahkan masalah atau berdiskusi mengenai suatu hal penting.

Di sampaing itu, meeting tersebut juga dilakukan pada konteks bisnis saja. Jadi, jika seseorang bertemu dengan orang lain dan tidak mempunyai urusan penting misalkan saja dalam ranah pekerjaan, maka ini hanyalah pertemuan biasa saja.

Baca juga: Apa Arti Doorprize dan Perbedaannya dengan Grandprize?

  1. Pengertian Meeting Menurut Wursanto

Wursanto (1986) memberikan pengertian jika meeting adalah suatu media komunikasi yang digunakan oleh sekelompok orang dan mempunyai sifat tatap muka langsung dalam satu tempat dengan tujuan mencapai mufakat musayawarah dan menentukan kebijakan.

Di samping itu, Wursanto juga mengungkapkan bahwasannya meeting tersebut juga sejajar dengan arti meet up. Hanya saja, sifatnya lebih cenderung formal dan orang yang melaksanakannya pun mempunyai tujuan keperluan dalam hal pekerjaan.

Adapun, dari pemikiran Wursanto tersebut, bisa ditarik benang merah bahwasannya meeting merupakan suatu pertemuan yang dilakukan oleh para anggota kelompok baik itu organisasi, partai, lingkungan kerja serta lain-lain sebagainya untuk menentukan tujuan tertentu.

  1. Pengertian Meeting Menurut Moh. Surya

Moh. Surya mengungkapkan jika meeting atau rapat adalah suatu proses dimana seseorang mendapatkan kesempatan untuk berargumen dengan bebas menyampaikan pendapatnya terkait dengan topik atau masalah yang sedang dibahas dalam suatu kelompok tertentu.

Dalam konteks tersebut, meeting disejajarkan dengan kegiatan diskusi kelompok baik itu bersifat formal maupun non-formal dimana semua anggotanya berhak mendapatkan kesempatan mengemukakan pendapatnya masing-masing.

Meeting di sini cakupannya bisa dalam skala kecil maupun besar. Nah, yang menjadi ciri khasnya adalah adanya pertemuan tatap muka serta selalu ada tujuan dan topik pembahasannya di sana. Prosenya dapat berlangsung lama serta juga sebentar bergantung pada keperluannya.

  1. Pengertian Meeting Menurut Hasibuan

Menurut Hasibuan, meeting adalah interaksi secara verbal dan dilakukan dengan tatap muka langsung dalam satu tempat untuk membahas visi dari suatu kelompok, lembaga maupun organisasi. Di sana juga akan terjadi pertukaran informasi antara anggota-anggota.

Meeting yang dimaksud oleh Hasibuan tersebut lebih mengarah pada ranah formal dan diskusi. Di dalamnya terdapat prosedur yang memang harus ditaati seperti halnya ada notulen, moderator, pemateri dan juga peserta.

Ini sebenarnya lebih mengarah pada meeting dalam ranah pekerjaan formal misalkan saja di kantor, lembaga pemerintahan, unsur-unsur pendidikan dan lain-lain semacamnya. Bahasa yang digunakan biasanya tertata dengan baik, sopan dan tidak ada senda gurau.

Baca juga: Pengertian Hunting dalam Fotografi

  1. Pengertian Meeting Menurut User Usman

Berdasarkan hal yang dikemukakan oleh User Usman, meeting adalah suatu proses yang dilakukan secara teratur dan melibatkan anggota kelompok tertentu dalam rangka berinteraksi untuk melakukan diskusi atau musyawarah mengenai tujuan diadakannya rapat atau pertemuan tersebut.

Jadi,di sini meeting yang diadakan oleh lembaga, kelompok dan lain-lain semacamnya haruslah mempunyai tujuan agar di dalam pertemuan tersebut terdapat fokus bahasan tertentu terkait dengan tujuannya.

Jika meeting tidak mempunyai tujuan, maka hal tersebut hanya peretemuan non-formal yang mana diskusinya hanya mengalir saja serta tidak membahas hal-hal fokus rapat sedari awal.

Pembahasan mengenai arti meet up tersebut kiranya dapat menambah wawasan Anda tentang istilah-istilah serapan dari bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan pernah lelah untuk terus belajar menyesuaikan modernisasi zaman.

Tinggalkan komentar